1 Tahun Pengalaman Bersama Yamaha New Vixion Lightning
Modifikasi.co.id – Motor yamaha memang memiliki produk produk yang menurutku sangat mantab 😀 Mantab disini dalam arti luas ,desain yang sporty, engine yang menggunakan teknologi terbaru. Alasan saya membeli motor vixion pada tahun 2014 dulu yaitu karena ngikutin trend #ehh Maksudnya kebanyakan teman teman didesaku banyak membeli motor New Vixion, niatnya dulu bukan membeli si sichan ini tapi KLX 150 ,Ya motor idaman saya dulu adalah motor trail ,berhubung kena racun dari kanan kiri belok deh 🙁
Motor vixion ini sampai dirumah saya kurang lebih sekitar pada tahun 2014 bulannya agak lupa 😀 tapi tercantum kok di STNK
Motor yang dibeli dengan sistem kredit dengan DP sekitar 10.000.000 dengan lama proses pembayaran 11 Bulan , / bulannya (kota baturaja, palembang) saya mengeluarkan uang sekitar Rp. 1.723.500. Saya Kredit melalui Jasa Oto Finance
Buat pemula yang ingin membeli motor saya sarankan jangan kredit , kenapa ..? ya kredit hanya menambah masalah dan beban hidup , kecuali anda mempunyai penghasilan tetap . Saya membeli motor tersebut dari bekerja menjadi PNS (Pencari Nafkah Serabutan ) jadi hasilnya gak pasti 🙁 ,kadang dapat banyak , kadang sedikit, kadang cukup.
Hasil dari menjadi penulis di beberapa blog, jualan Jasa , dan sebagainya yang ane kumpulkan selama 2 tahun , akhirnya bisa membeli motor tersebut. Saat Lunas rasanya “MERDEKA”. Beban hidup bener bener hilang , jadi sudah gak stress lagi hehe , jadi sekarang saya kapok kredit kredit gituan .. :'( #cuman sharing pengalaman aja.
Kesan Pertama
Kesan pertama saat membawa pulang motor dari dealer rasanya gurih , mantab , nyoss,bahagia dan sabagainya , habis itu mumet :v . Selamat perjalanan saat menaiki si sinchan ini saya tidak menjadi menyesal , selera tinggi racing look sudah numpuk dihati,desain motor yang bener bener sporty ,bagian jok belakang yang terlihat meruncing yang bener bener well.
Lha perasaan biasa aja ,gak terlalu bagus-bagus banget tuh motor vixion ,dijalan juga saya sering lihat..? ya mas bro memang gak terasa kalau gak punya sendiri , tapi jika melihat secara ekslusif dan kepunyaan sendiri itu rasanya beda,intinya ada rasa kepuasaan tersendiri. Saat digunakan selama perjalanan sampai rumah yang memakan waktu 1 jam motor ini stabil ,handling enak , mesin halus ,gigi persneling juga gak keras, motor tersebut saya bawa kecepatan hingga 40 km/jam sampai 90an km/ jam. (kondisi baru)
Sampai dirumah saya langsung check bagian dasboard motor, fitur unggulan sudah menggunakan speedometer digital,swich pasbeam, engine kill, Motor ini mempunyai power sampai 11,1 kW / 8500 rpm untuk lebih lengkapnya bisa lihat spesifikasinya dibawah ini :
Spesifikasi Yamaha New Vixoin Lightning.
Mesin | ||
---|---|---|
Tipe Mesin | : | 4 Langkah, 4 Valve SOHC – Fuel Injection, Berpendingin Cairan |
Jumlah/Posisi Silinder | : | Cylinder Tunggal / Tegak |
Volume Silinder | : | 149,8 cc |
Diameter x Langkah | : | 57,0 x 58,7 mm |
PerbandinganKompresi | : | 10,40 :1 |
Daya Maksimum | : | 11,1 kW / 8500 rpm |
Torsi Maksimum | : | 13,1 Nm / 7500 rpm |
Sistem Starter | : | Electric Starter dan Kick Starter |
Sistem Pelumasan | : | Basah |
Kapasitas Oli Mesin | : | Total : 1,15 Liter / Penggantian Berkala : 0,95 Liter |
Sistim Suplai BBM | : | Fuel Injection |
Tipe Kopling | : | Basah, Kopling Manual, Multiplat |
Tipe Transmisi | : | Return, 5 Kecepatan |
Pola Pengoperasian Transmisi | : | 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5 |
Rangka | ||
Tipe Rangka | : | Pressed Backbone (Deltabox) |
Suspensi Depan | : | Teleskopik |
Suspensi Belakang | : | Lengan Ayun, Link Suspensi Monocross |
Ban Depan | : | 90/80–17M/C 46P |
Ban Belakang | : | 120/70–17M/C 58P |
Rem Depan | : | Cakram Hidrolik, Piston Ganda |
Rem Belakang | : | Cakram Hidrolik, Piston Tunggal |
Kelistrikan | ||
Sistem Pengapian | : | T.C.I. / Transistorized Coil Ignition (Digital) |
Battery | : | YTZ4V/GTZ4V Mf (Battery 3Ah) |
Busi | : | CR8E (NGK) / U24ESR-N (DENSO) |
Dimensi | ||
P x L x T | : | 2.010 m x 705 mm x 1.030 mm |
Jarak Sumbu Roda | : | 1.300 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | : | 165 mm |
Tinggi Tempat Duduk | : | 790 mm |
Berat Isi | : | 129 kg |
Kapasitas Tangki Bensin | : | 12 Liter |
Performance
Selama setahun ini saya sudah test motor ini dan menyimpulkan dari segi performance motor ini bener bener joss gandoss. Mesin motor yang halus dan akselerasi linear hingga 8500 rpm. Daya maksimum 11,1 kW / 8500 rpm dan untuk torsinya 13,1 Nm / 7500 rpm. Top speed motor vixion ini pernah saya test mentok di 120 Km/Jam rpm jalan lurus Untuk naik ke 100 keatas motor ini terbilang agak lambat dan lama.
Handling
Handling adalah cara penggambaran dari cara berkendaraan ,maksudnya adalah saat menaiki motor ini ketika di jalankan. Dengan laju kecepatan yang tinggi atau pelan , untuk cornering (menikung) motor ini bener bener nyaman stabilitasnya. Motor yang satu ini yang paling saya suka,khas yamaha ,selain itu motor ini nurut sama kemanapun badan kita mengarah, perpaduan shock yang sudah menggunakan monocross membuat lebih nyaman lagi selain ban motor yang sudah mempunyai tapak lebar membuat lebih sangat nyaman untuk digunakan cornering. Kurang lebih itulah yang saya rasakan bersama si sinchan selamat 1 tahun ini 😀
Modifikasi
Untuk soal modifikasi motor yamaha vixion saya rencananya pengen tak modif ala R125 seperti pada postingan sebelumnya Modifikasi Yamaha Vixion Menjadi Sport YZF R125 Ala AE Custom.
Untuk sementara saya hanya memodifikasi bagian sayap atau fairing yang saya beli di bengkel aap motor jogja .
Model yang ingin saya terapkan pada vixion diatas yaitu racing look makanya saya lebih suka desain R125. Untuk Sementara saya hanya memodifikasi :
- Mengganti Undertail (Masih Nabung )
- Meninggikan shock belakang (Selesai )
- Ceper Shock Depan (Selesai)
- Stang Segitiga (Masih Nabung )
- Footstep Underbone NUI (Masih Nabung )
- Velg 4,5 inci (bagian belakang ) 3 inci (bagian depan) (Masih Nabung )
- Menambah Fairing Ninja 250 FI (Selesai)
- Ganti Spakbor depan Ninja 250 FI (Masih Nabung )
Keluhan
Tidak ada produk motor yang bener bener sempurna , ya namanya juga buatan manusia hehe , Keluhan yang saya rasakan selama 1 tahun bersama vixion ini diantaranya sebagai berikut ini :
- Mesin motor cepet panas apa lagi kondisi macet, kipas radiator sering hidup (padahal perjalanan gak macet macet banget) jarak yang ditempuh juga tidak terlalu jauh,penggunaan karakter bermotor saya normal , gak tak geber geber.
- Oli yang pernah saya gunakan adalah Enduro, yamalube, rencana pengen jajal Shell AX7 sama Motul 5100 bisa baca di Review Oli Motor Enduro 4T SAE 10W-40 di New Vixion Lightning
- Dudukan plat nomor ada dikepala vixion seperti orang di kompres (kurang kece ) cara mengatasinya bisa membelikan dudukan (braket) yang dipasang dibawah headlamp
- Desain spakbor yang terlalu besar dan panjang khususnya pada bagian belakang.
- Rantai Motor yang cenderung cepat kendor ,mungkin dikarenakan menarik beban ban motor yang terlalu besar dan berat.
Kesan Kesan
Setiap teknologi yang diciptakan pasti sebagai penyempurnaan dari teknologi sebelumnya ,sebagai rider yang sebelumnya menggunakan motor berpenyuplai bahan bakar karburator, motor vixion ini sudah mantab , kemudahan perawatan karena sudah menggunakan injeksi yang semuanya di control dan diatur dengan elektronik yang dinamakan ECU sehingga melakukan penyettingan dan juga pemeriksaan lebih akurat dan praktis.
Motor vixion ini juga untuk memanasi mesin tidak perlu membutuhkan waktu yang lama, cukup 30 detik sudah ok , tidak ada suara mrebet saat motor masih keadaan dingin , tinggal gas motor sudah bisa jalan.
Last , New vixion Lightning memang mantab, well tenan .Selama menggunakan motor vixion ini belum ada keluhan, keluhan hanya di kipas radiator yang sering hidup :D. Bagaimana dengan pengalaman anda ..! Monggo coret coret dikotak komentar dibawah ini
Demikian informasi yang membahas mengenai Pengalaman Bersama Yamaha New Vixion Lightning,terima kasih sudah berkunjung di www.modifikasi.co.id , jangan lupa like share dan comment 😀